Nuquart

Informasi Menarik dan Pilihan

Tips Menyetrika Pakaian Secara Mudah

Tips Menyetrika Pakaian Secara Mudah

Nuquart – Bagi sebagian orang, menyetrika pakaian merupakan pekerjaan rumah yang cukup berat. Dengan menggunakan alat elektronik bersuhu tinggi, menyetrika membuat badan terasa gerah dan tidak nyaman. Selain itu, tidak semua orang terampil menyetrika pakaian dengan rapi dan halus.

Maka tak heran banyak orang yang menyerahkan tugas ini kepada Asisten Rumah Tangga (ART). Padahal dengan teknik yang benar, menyetrika pakaian bisa menjadi tugas yang bisa diselesaikan dengan cepat dan mudah. Simak beberapa tips dari Rumah.com berikut ini.

menyetrika pakaian

1. Atur Posisi Duduk dan Meja Setrika

Dengan pengaturan meja dan kursi yang ergonomis, maka proses menyetrika akan lebih cepat dan ringan. Sesuaikan papan setrika sejajar dengan tinggi pinggul.

Jadi ketika memegang alat setrika, siku tangan Anda menekuk pada sudut 90 derajat. Dengan demikian pundak Anda bisa bergerak dengan bebas.

2. Bersihkan Alat Setrika

Sebelum memanaskan alat setrika, cek kondisi permukaan plat setrika jika terdapat noda atau residu yang tertinggal. Bersihkan kotoran yang menempel sebelum mulai menyetrika.

Biasanya sablon pakaian yang terkena panas alat setrika bisa menempel pada plat dan jika tidak dibersihkan bisa merusak pakaian bersih lain yang akan disetrika.

3. Mengenal Jenis Kain

Setiap pakaian biasanya disertai dengan label aturan perawatan. Jadi ketika ingin menyetrika pisahkan pakaian sesuai dengan suhu temperatur yang disarankan.

Jika tidak tercantum label di sisi dalam pakaian dan Anda tidak bisa mengetahui jenis kain tersebut, maka cukup setel suhu panas pada suhu terendah.

4. Hindari Menyetrika Pakaian Kotor

Jangan pernah menyetrika pakaian yang belum dicuci. Sebab, suhu tinggi yang dikeluarkan dari alat setrika bisa membuat noda melekat ke serat kain dan membuat pakaian menjadi bau apek. Jadi pastikan setiap pakaian yang akan disetrika sudah bersih dan wangi.

5. Siapkan Pelicin dan Pewangi Pakaian

Letakkan botol seprai berisi cairan pelicin dan pewangi pakaian di dekat tangan dan alat setrika. Jadi Anda bisa dengan cepat menyemprotkan cairan pelicin dan pewangi pakaian kemudian menekan dengan alat setrika. Lakukan dengan cepat supaya kerutan di permukaan pakaian lebih cepat halus.

6. Menekan dengan Benar

Cara menyetrika yang baik tidak hanya sekedar “menggosoknya” dengan alat setrika, namun juga menekan perlahan pada bagian kain yang kusut. Khususnya pada jenis kain katun dan wol.

Namun, jangan terlalu lama karena bisa meninggalkan bekas pada permukaan dan warna pakaian. Dengan begitu pakaian menjadi lebih rapi dan nampak berkilau.

7. Segera Digantung

Setelah selesai menyetrika, segera gantung pakaian dengan hanger. Meski sudah disetrika, permukaan kain rentan mengalami kusut jika dibiarkan tergeletak begitu saja.

Dengan menggantung atau melipatnya segera setelah disetrika, maka pakaian bisa menjadi dingin dan mengering dan tetap rapi sebelum disimpan ke dalam lemari.

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *